Thursday 5 November 2015

Komparasi Handling New CB 150R VS Sonic 150R VS CBR 150R

Test Ride CBR 150R

Malem Vrooh, sesuai Janji Ane kemarin, Ane bakal Share Komparasi Trio Jagoan Sport DOHC Honda, ada Sonic 150R, New CB 150R & CBR 150R #K45, wuihh kata-katane mnyudut banget kie DOHC Honda, yoooo begitulah Vrooh, secara Track Test Ride on acara HMC 2015 kemarin berada dihalaman Stadion Mandala Krida yang Notabene gak terlalu Luas banget & Track sendiri dikhususkan untuk Lomba Safety Riding, baik Umum maupun Komunitas saling berlomba on Track tersebut, terlebih Motor yang dipakai Test Ride ngepas banget 3 Sport DOHC Honda tersebut. iyoo wis Ane Komparasikan.

Track Safety Riding

Check Point Komparasi Handling yang Ane tekankan disini bukan karena Modelnya yang Kecil & Mudah dikendalikan, klo begitu Sonic 150R bisa dikatakan Nomer siji terus Vrooh-vrooh, melainkan berdasarkan Bobot yang diseimbangkan dengan Level Handling. btw level Handling disini bukan pake Gelas ukur atau Meteran, melainkan Mudah tidaknya Motor ditekuk-tekuk Zig-Zag ketika melewati Barisan Cone Oranye. Shot Out Tracknya ya kayak Gambar atas thu-thu...ada 2 Lintasan Slalom, sebelah Timur & Barat, sebelahnya ada Papan Narrow Plank, tapi mengenai Narrow Plank Ane bahas untuk Komparasi Test keseimbangan, wokew Monggo Disimak Pembahasan Ane berikut, Siapke Kopi Item ben melek trus :v
Pertama masuk Halaman Test Ride, Ane langsung ngampiri CBR 150R #K45, bukan apa-apa, maksud disini untuk Pemanasan terlebih dahulu, First Ride Nyoba CBR 150R memang rodo ada Nervousnya Vrooh, keliling 3 Putaran langsung lempoh berkat Panas Terik Matahari yang memancar Full System Vitamin D nya :v

Test Ride Sonic 150R

Selesai nyemplak Sang #K45, baru Ane masuk penilaian Test Handling, Nyemplak Sonic duluan, btw tentu Persepsi Orang bakal banyak berkata "Sonic bakal sangat mudah buat ditekuk-tekuk melewati Cone", eeeiittss namun kenyataannya belum tentu Vrooh. Mudah ditekuk iya benar adanya, tapi Kecenderungan Engine Sonic yang Near Square dan Galak diputaran Bawah menjadikan Tantangan tersendiri, bagaimana Tidak, bila dulu waktu Ane Nyemplak CB 150R Old gak perlu mainin Kopling buat melibas Cone, eeh pke Sonic harus ekstra pke tekan Kopling, jarak antar Cone yang memang cukup sempit, hanya berjarak 1 Motor CB 150R per-Cone. membuat Aliran Rpm Sonic harus benar-benar dijaga, Kebanyaken Rpm bisa-bisa jadi melebihi Racing Line & melebar, terlalu sedikit Engine bisa Mati. hadehh. Revot juga Vrooh, Kemudian Impresi Handling Sonic Ane runtut 2 Putaran dan hasilnya Baik. dengan Desain Sonic yang kecil Mungil jadi mudah ditekuk. Nilai 8.00 daah buat Sonic....

Test Ride CB 150R

Test Kedua, Ane nyemplak New CB 150R, untuk sang CB ane udah lumayan Akrab on Track Test Ride, tapi apakah tetep Akrab saat on Track Safety Riding..??, Jawabane Beda Vrooh, Sang #K15G inih malah Semakin rempong & Berat untuk dikendalikan, dengan Bobot yang memang lebih Berat dari Gen CB 150R Old, menjadikan Tantangan tersendiri dimana Badan harus benar-benar Lihai mengendalikan CB yang Berbobot woow inih. 2 Putaran Slalom Ane lakukan, Jujur CB 150R iniih benar-benar terbantu dengan Ban yang Bengkak Lebar, meski Handling sedikit ada Pace Beratnya, namun berkat Tapak Ban yang Lebar membuat sang Cibi mudah ditekuk & tetap Seimbang. Nilai 7,5 daah buat #K15G.

Test Ride CBR 150R

Lanjut Test Ketiga, Ane kembali menghampiri #K45, Buset terasa Berat & Penuh disegala Sisi, tapi yang Unik, Jok CBR benar-benar terasa lebih Friendly, lebih rendah ketimbang CB 150R,  Tinggi Jok CBR kisaran dibawah CB & Diatas Sonic. wiss Langsung Tancap Gas & Melewati Slalom Track 2 Putaran, Meski beban sang Fairing terbilang paling Abot, tapi hal itu tidak begitu terasa, Justru Handling CBR terbilang paling Enak, meski jangkauan Area Putar Setang sedikit lebih terbatas, Namun Stang sangat Mudah & Ringan buat Ditekuk-tekuk, Stabil melewati Barisan Cone yang rapat, gak sampai disitu, Selesai 2 Putaran Ane belum Puas & belum percaya, Nyoba 2 Putaran lagi, dan Hasilnya Cling, Benar-benar Ringan Ditekuk, beda banget sama CB 150R, meski Ban Depan memiliki Ukuran Sama, namun Pace Keringanan melibas Cone benar-benar berbeda. Overall Nilai 8,5 Pantas untuk Sang #K45 yang bentar lagi bakal Kena Facelift iniih. dibalik Bobot yang Berat & Merata, ternyata CBR 150R memiliki Pace Handling yang sama Ringannya dengan Sonic. well...
Dan tentu wis Ketahuan Tho siapa yang Unggul Soal Handling, Sonic 8.0, CB 150R 7,5, CBR 150R 8,5. CBR 150R jadi yang terbaik. meski paling Berat & Terbilang memiliki Radius Putar yang paling Sempit ketimbang CB 150R maupun Sonic, Pace untuk melibas Track Slalom gak kalah Ringannya dengan Sonic. well Sekian Pembahasan Komparasi Handling Trio DOHC Honda diatas, berikutnya lanjut Artikel Lonjakan Low Rpm, Tunggu yooh Vrooh, ada kekurangannya mohon dimaafin yoh Vrooh, Sekian Monggo Disantap...

Ariif_Pedrosa~Djogdjakarta



No comments:

Post a Comment